SKRIPSI

Penulis / NIM
FRILIANTI DJAFAR / 421412031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK Frilianti Djafar. 2016. Deskripsi Kegiatan Menanya Dalam Pembelajaran Fisika Materi Gelombang di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jurusan Fisika. Prodi Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II : Supartin M.Pd Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana kegiatan menanya dalam pembelajaran fisika materi gelombang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kegiatan menanya dalam pembelajaran fisika materi gelombang di SMA Negeri 1 Gorontalo. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan lembar observasi, angket dan tes. Hasil observasi menunjukan bahwa rata-rata persentase aktifitas kegiatan menanya guru pada pertemuan pertama sebesar 66,66% dan pada pertemuan kedua sebesar 84,52%. Sedangkan persentase rata-rata aktifitas kegiatan menanya siswa pada pertemuan pertama untuk masing-masing indikator yaitu pada indikator pengungkapan pertanyaan secara jelas mencapai 38,27%, pemberian acuan mencapai 53,09%, pemusatan pertanyaan mencapai 45,99%, pemindahan giliran mencapai 43,21%, penyebaran pertanyaan mencapai 37,35%, pemberian waktu berfikir mencapai 32,1%, dan pemberian tuntutan mencapai 45,37%. Untuk pertemuan kedua persentase rata-rata aktifitas kegiatan menanya siswa pada indikator pengungkapan pertanyaan secara jelas mencapai 57,72%, pemberian acuan mencapai 56,79%, pemusatan pertanyaan mencapai 50%, pemindahan giliran mencapai 51,85%, penyebaran pertanyaan mencapai 47,22%, pemberian waktu berfikir mencapai 51,85%, dan pemberian tuntutan mencapai 54,94%. Berdasarkan hasil angket respon siswa, persentase pada kegiatan menanya yaitu 42,81% menunjukkan minat siswa, sedangkan pada hasil tes belajar siswa menunjukkan bahwa dari 27 orang siswa hanya 19 orang siswa yang tuntas. Kata kunci : Kegiatan Menanya ABSTRACT Frilianti Djafar. 2016. Description of Activities ask in Physics Learning Material Waves in SMA Negeri 1 Gorontalo. Physics Departememnt. Prodi Physics Education. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo. Supervisor I: Dr. Masri Kudrat Umar, S. Pd, M. Pd and Supervisor II: Supartin M.Pd This research focus on the problem of activities in learning physics of material waves. The purpose of this research is to describe the activities of ask in learning physics material waves in SMA Negeri 1 Gorontalo. The data collection techniques in research using observation sheets, questionnaires and tests. The result is to show that the average percentage of teachers are activities in the first meeting is 66.66% and in the second meeting is 84.52%. While the average percentage of students ask at the first meeting for each of the indicators is in answer the question clearly is reached 38.27%, giving a reference is 53.09%, the concentration of questions is 45.99%, the removal of the turn is 43, 21%, the spread of the question is 37.35%, giving time to think is 32.1%, and the provision of demand is 45.37%. For the second meeting a percentage of average activity in indicators that the students answer the question clearly is 57.72%, giving a reference is 56.79%, the concentration of questions is 50%, the removal of the turn is 51.85%, the spread of the question is 47, 22%, giving of time thinking ris51.85%, and the provision of demand is 54.94%. Based on the results of student questionnaire responses, the percentage of the activity ask that 42.81% showed interest in students, while the results of student showed that out of 27 students only 19 students who pass. Keywords: Activity ask
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011