SKRIPSI

Penulis / NIM
WA ODE FATMA NUR ASNAN / 421412032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Wa Ode Fatma Nur Asnan. 2012. Penggunaan Media Edu-Game Berbasis Ular Tangga Fisika Dalam Pembelajaran Materi Gelombang Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Citron S Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media edu-game berbasis ular tangga Fisika dalam materi gelombang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh untuk lembar observasi aktivitas guru pada pertemuan I persentase aktivitas guru tercapai 95.2 %, pertemuan II tercapai 97.6 %, dan pertemuan III tercapai 98.8 %, sedangkan persentase aktivitas peserta didik pada pertemuan I tercapai 94.2 %, pertemuan II tercapai 96.8 %, dan pertemuan III tercapai 98 %. Angket minat peserta didik untuk indikator perasaan senang diperoleh rata-rata persentase 97.4 %, indikator perhatian diperoleh persentase rata-rata 94 %, indikator ketertarikan diperoleh rata-rata persentase 93.4 %, dan indikator keterlibatan peserta didik dalam belajar diperoleh rata-rata persentase 96 %. Hasil belajar peserta didik pada materi gelombang setelah diajarkan menggunakan media edu-game berbasis ular tangga Fisika dapat dilihat bahwa dari 30 orang peserta didik, 29 orang yang memenuhi KKM dan 1 orang yang tidak memenuhi KKM. Oleh karena itu, penggunaan media edu-game berbasis ular tangga Fisika pada pembelajaran materi gelombang pada peserta didik kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Gorontalo sudah maksimal atau sangat baik. Kata Kunci: Media Edu-Game berbasis ular tangga Fisika, Materi Gelombang ABSTRACT Wa Ode Fatma Nur Asnan. 2012. The Use of Physics Snakes and Ladder-based of Edu-Game Media on Wave Topic on Students at Class of XI in SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Bachelor Study Program of Physics, Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal Supervisor is Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd and Co-Supervisor is Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. This Reseach aimed at finding out the use of Physics Snakes and Ladder-based of Edu-Game Media on Wave topic. This research applied descriptive method through quantitative approach. Based on the data gained, the percentage of observation sheet of teacher activity on meeting I reached to 95.4 %, on meeting II reached to 97.6 %, and on meeting III reached to 98 %. The questionnaire of the average percentage of students passion for happy feeling indicator gained 97.4 %, the average percentage of attention indicator gained 94 %, the average percentage of attractive indicator gained 93.4 %, and the average percentage of students' involvement gained 96 %. After treating Snakes and Ladder-based of Edu-Game Media, the students' learning achievement on Wave topic, from 30 students, it (KKM) and 1 did not fulfill the Minimum Completeness Criteria (KKM). Therefore, the use of Physics Snakes and Ladder-based of Edu-Game Media on Wave topic on students at class of XI in SMA Negeri 1 Gorontalo has already maximal and very good. Keywords: Physics Snakes and Ladder-based of Edu-Game Media, Wave Topic
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011