SKRIPSI

Penulis / NIM
FEBRIYANI SAFI / 421412035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Febriyani Safi. Deskripsi Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bunyi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. (Suatu Penelitian di SMP Negeri 2 Batuda, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kelas VIII Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Dibawah bimbingan bapak Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si dan bapak Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada materi bunyi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi ini diambil 1 kelas sebagai sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling, kemudian diterapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Kelas VIII2 (delapan dua) terpilih sebagai kelas penelitian yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (pre-test) dan sesudah diberi perlakuan (post-test) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa, pada pertemuan pertama (I) dengan nilai rata-rata pre-test yaitu sebesar 45,6 dan nilai rata-rata post-test yaitu sebesar 74,3 serta untuk nilai (gain) yang dinormalisasi sebesar 0,527. Pada pertemuan Kedua (II) dengan nilai rata-rata pre-test yaitu sebesar 49,7 dan nilai rata-rata post-test yaitu sebesar 77,2 serta untuk nilai (gain) yang dinormalisasi sebesar 0,546. Kemudian untuk pertemuan ketiga (III) dengan nilai rata-rata pre-test yaitu sebesar 54,2 dan nilai rata-rata post-test yaitu sebesar 81,1 serta untuk nilai (gain) yang dinormalisasi sebesar 0,586. Sedangkan untuk melihat besar rata-rata gain dari ketiga pertemuan tersebut yaitu sebesar 0,553 dengan kriteria sedang. Kata kunci : Deskripsi Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Materi Bunyi ABSTRACT Febriyani Safi. Description of Students Learning Achievements on Sounds Lesson by Using Cooperative Jigsaw Learning Model. (A Research at SMP Negeri 2 Batudaa, Gorontalo District, Gorontalo Province, Grade VIII School Year 2015/2016). Departement of Physics Education. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo. 2016. The supervisor is Prof. Dr. Mursalin, M.Si and co-supervisor Citron S.Payu, S.Pd, M.Pd. It aims at understanding the description of students learning achievement on sounds lesson by using cooperative jigsaw learning model. It is a descriptive quantitative research. The population is all students of grade VIII of SMP Negeri 2 Batudaa, school year 2015/2016 that consists of 3 classes. From the population, 1 class becomes the sample by using cluster sampling technique, and then the cooperative jigsaw learning model is implemented in the class. Grade VIII2 is chosen as the research site to be taught using cooperative jigsaw learning method. Technique of collecting data is students learning achievements before the treatment (pre-test) and after treatment (post-test) by using cooperative jigsaw learning model. Based on the result, it is found out that, at the first meeting (I) the average value of pre-test is 45,6 and the average value of post-test is 74,3 and value (gain) which normalized is 0,527. At the second meeting (II) the average value of pre-test is 49,7 and the average value of post-test is 77,2 and value (gain) which normalized is 0,546. Then, at the third meeting (III) the average value of pre-test is 54,2 and the average value of post-test is 81,1 and value (gain) which normalized is 0,586. While the value (gain) of the the three meetings is 0,553, that is categorized into medium criteria. Keywords : Description of Student Learning Achievements, Cooperative Jigsaw Learning Model, Sounds Lesson
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011