Penulis / NIM
DARIYANTO / 421412037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Dariyanto. 2016. Penggunaan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Materi Gelombang Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Supartin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media flash card dalam materi gelombang pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan data yang diperoleh ketika menggunakan lembar observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama, persentase keterlaksanaan pembelajarannya adalah 83%, pertemuan keduanya adalah 86,7%, dan pertemuan ketiga adalah 89,9%. Sedangkan minat siswa terhadap penggunaan media flash card pada materi gelombang dapat dilihat pada lembar pernyataan angket. Angket yang diperoleh dari 28 siswa pada setiap indikator minat belajar dapat disimpulkan bahwa minat siswa untuk belajar materi gelombang menggunakan media flash card sangat tinggi karena siswa terlihat lebih aktif dalam belajar dengan persentase 81.51%. Hasil belajar siswa pada materi gelombang mengalami ketuntasan 100%. Oleh karena itu media flash card selain dapat digunakan pada materi gelombang, juga dapat digunakan pada materi fisika lainnya, atau pelajaran lain.
Kata Kunci: Media Flash Card, Pembelajaran Fisika, Gelombang
Download berkas