Penulis / NIM
RIKI MAMONTO / 421412040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
Riki Mamonto. 2016. Analisis Jawaban Tertulis Siswa Terhadap Tes Hasil Belajar Fisika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.si dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran jawaban siswa terhadap tes hasil belajar fisika sehingga terstruktur dan terpola. Tes hasil belajar di bagikan kepada siswa untuk dijadikan sumber data dari penelitian ini kemudian jawaban siswa dianalisis dengan tahapan-tahapan Problem Solving Polya yaitu Memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan melihat kembali. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan sumber data adalah jawaban siswa dari 19 orang serta tehnik pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis jawaban siswa dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah siswa masih banyak mengalami kekeliruan dalam memahami konsep fisika dan menganalisis soal-soal fisika, dapat dilihat dari kurangnya kemampuan dalam memahami masalah yang ada pada soal, kesalahan dalam menuliskan informasi yang diketahui dari soal maupun menuliskan informasi yang tersembunyi dari soal serta siswa juga mengalami kekeliruan lainnya dalam melakukan konversi satuan. Jadi, struktur dan pola jawaban siswa dari segi memahami masalah pada soal masih banyak yang keliru, pada tahap merencanakan penyelesaian, melaksanakan perencanaan sampai pada melihat kembali siswa lebih banyak yang bingung. Dapat dilihat dari banyaknya soal yang dikerjakan oleh siswa hanya sampai pada tingkatan pemahaman sampai C3, C4 sedangkan C5 dan C6 tidak ada yang mengerjakannya.
Kata Kunci: Problem Solving Polya,Tekanan,Tes Hasil Belajar Fisika
Download berkas