Penulis / NIM
OLAN RAJAK ABDULLAH / 421412041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Olan Rajak Abdullah.2015 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Diintegrasikan Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis di Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam . Universitas Negeri Gorontalo 2016. Pembimbing I Bapak Prof.Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Citron S Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui mode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Diintegrasikan Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian yaitu penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas XI Ipa3 SMA Negeri 1 Kabila yang berjumlah 25 siswa pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa yang melibatkan beberapa orang pengamat. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 bahwa hasil belajar yang mencapi ketuntasan hanya sebesar 56% dengan nilai rata-rata 66,2%. Hal ini menunjukan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus 1 belum mencapai ketuntasan indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga tindakan yang belum terlaksana dengan baik pada siklus 1 telah diperbaiki pada siklus II. Setelah dilakukan tindakan tindakan pada siklus II hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar siswa yang tuntas 80% dengan nilai rata-rata 77,4% , artinya penelitian ini tindakan kelas ini telah berhasil dengan dilaksanakannya tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Diintegrasikan Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi fluida dinamis dikelas XI Ipa3 SMA Negeri 1 Kabila.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Diintegrasikan Dengan (NHT), Hasil Belajar Siswa
Download berkas