Penulis / NIM
SHINDY TUNGKAGI / 421412046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Shindy Tungkagi, 2016. Identifikasi Miskonsepsi Pada Pemahaman Siswa Kelas X Fisika Pada Materi Alat-alat Optik di SMA Negeri 1 Pinolosian. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing (II) Supartin, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini (I) untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik terhadap materi alat-alat optik. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan atau mendeskripsikan miskonsepsi pada pemahamn siswa kelas X materi alat-alat optik. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (I) Pada 5 kelas yang menjadi sampel peneliti dimana dari 15 nomor soal secara keseluruhan dari semua kelas, soal nomor 3 dan 4 lah yang paling banyak terdapat miskonsepsi yaitu dikelas X2 dengan perolehan 57,89 % dan yang tidak terlalu mengalami miskonsepsi yaitu soal nomor 15. Kemudian dari hasil persentase rata-rata diperoleh untuk setiap kelas yaitu 19,67 % untuk kelas X-1, 24,54 % untuk kelas X-2, 19,33 % untuk kelas X-3, 18,09 % untuk kelas X-4, 13,96 % untuk kelas X-5. Hal ini memperlihatkan bahwa pada keseluruhan siswa di SMA 1 pinolosian pada materi alat-alat optik tingkat persentase miskonsepsinya rata-rata masih tergolong rendah atau kebanyakan siswa masih memahami konsep materi ini dengan baik. (II) Pada materi alat-alat optik ini, ternyata masih banyak siswa yang tidak tau atau keliru dengan konsep penglihatan benda dan juga pembentukan bayangan pada cermin dan juga materi lensa dimana tingkat miskonsepsinya masih tergolong tinggi.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Pemahaman Siswa
Download berkas