Penulis / NIM
SRI CICIN KATILI / 421412049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Sri Cicin Katili. 2016. Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas VIII SMP Negeri 2 Ponelo Kepulauan. Suatu Penelitian SMP N 2 Ponelo Kepulauan, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I : Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si, Pembimbing II : Supartin, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas VIII SMP Negeri 2 Ponelo Kepulauan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, evaluasi berlangsung dua siklus. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui pemberian tes pada akhir setiap siklus. Selain itu, kegiatan aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui tekhnik observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menerapkan strategi REACT pada kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa telah terjadi peningkatan yakni dari 59,09% yang memperoleh nilai 76 keatas dengan daya serap 75,7% meningkat menjadi 90,90% dengan daya serap 86,7. Jadi, hipotesis penelitian tindakan kelas ini yaitu " jika guru menerapkan strategi REACT maka hasil belajar siswa akan meningkat". Berdasarkan kenyataan tersebut, kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas VIII SMP Negeri 2 Ponelo Kepulauan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi REACT
Download berkas