Penulis / NIM
GRESHELLA D. KALUKU / 421412056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Greshella D. Kaluku. 2016. Analisis Jawaban Tertulis Siswa Terhadap Soal-Soal Fisika Materi Prinsip Archimedes (studi deskriptif terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo). Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2 Nova E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang jawaban tertulis siswa terhadap soal-soal fisika materi prinsip Archimedes di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan sumber datanya adalah jawaban tertulis dari siswa pada materi prinsip Archimedes yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, analisis jawaban tertulis siswa, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa sebagian besar siswa telah menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal dan menyelesaikan soal dengan persamaan yang sesuai meskipun masih terdapat beberapa bagian yang kurang lengkap pada jawaban siswa. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyelesaikan soal sesuai dengan tahapan teori polya. Dimulai dengan tahap memahami masalah, yang kedua tahap merencanakan penyelesaian, yang ketiga tahap melaksanakan rencana penyelesaian, dan yang terakhir adalah tahap melihat kembali.
Kata Kunci : soal-soal fisika, tahapan teori polya, prinsip Archimedes
Download berkas