Penulis / NIM
NURAIN ABDUL LATIF / 421412057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Abdul Latif. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Essay. Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas berbasis eksperimen di kelas X di SMA Negeri 6 Gorontalo Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan pretest-posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas X 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 11 butir soal dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas berbasis eksperimen. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 14,56 sedangkan Ftabel = 4,07 pada taraf nyata = 0,05 dengan db = 43, yang berarti Ho ditolak atau H1 diterima. (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model inkuiri bebas berbasis eksperimen dengan yaitu 51,04 > 43,78.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas, Hasil Belajar Siswa
Download berkas