SKRIPSI

Penulis / NIM
AKRAM TALIBANA / 421412064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Solving pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mananggu, X-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dan X-3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Problem Solving. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa uraian yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Skor rata-rata kemajuan hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 28,90, dan pada kelas kontrol skor rata-rata kemajuan hasil belajar adalah 21,71. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk (n1 + n2 - 2). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung ttabel yaitu 7,49 1,677 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Solving. Kata kunci: Model Problem Based Learning, hasil belajar siswa, suhu dan kalor.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011