SKRIPSI

Penulis / NIM
FEMI YUSUF / 421412065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Abstrak
ABSTRAK Femi Yusuf. 2016. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Konsep Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP" (suatu penelitian di SMP Negeri 1 Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing 2 Drs. Asri Arbie, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembalajaran berbasis problem based learning pada konsep getaran dan gelombang yang valid, praktis dan efektif di SMP Negeri 1 Gorontalo pada tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari; 1) Perangkat pembelajaran berbasis problem based leraning telah memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validasi oleh pakar dengan kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak digunakan, validitas butir soal untuk penilaian kompetensi pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian kinerja berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.396 yaitu 0.637; 0.668; dan 0.709 serta reliabilitas untuk penilaian kompetensi pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian kinerja berturut-turut dengan nilai 0.839; 0.779; dan 0.887; 2) Kepraktisan, diperoleh dari dan respon positif dari guru dan peserta didik, peserta didik merasa senang dan tertarik belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah 3) Efektif, diperoleh dari persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 91.7 % persentase aktivitas peserta didik dengan nilai 82.4% Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning, Getaran dan Gelombang ABSTRACT Femi Yusuf. 2016. "Learning Development Instrument Based Problem Based Learning On Concept Vibrations and Waves in Class VIII SMP" (a research in SMP Negeri 1 Gorontalo). Skripsi, Department of Education S1 Physics, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo, Advisor 1 Prof. Dr. Joseph H. Paramata, M.Pd and Advisor 2 Drs. Asri Arbie, M.Si The purpose of this research is to produce leaning instrument based problem based learning on the concept of vibrations and waves valid, practical and effective in SMP Negeri 1 Gorontalo of the school year 2015/2016. This research is the kind of research and development using 4-D model. The data collection employs validation by experts, observation, interview and test. From the analysis result of this study showed the criteria that have been developed valid, practical and effective. It can be seen from; 1) learning instrument based problem based learning has qualified validity obtained from the validation by experts with criteria valid and has been used, the validity of the items for competency assessment of knowledge, attitude and performance assessment ratings in a row with a value rcount > 0396 is 0637; 0668; and 0709 as well as reliability for competency assessment of knowled ge, attitude and performance assessment ratings in a row with a value of 0839; 0.779; and 0887; 2) practicality, obtained from positive response from teachers and learners, student responses indicate that students excited and interested in learning using problem based learning; 3) effective, obtained from percentage of learning implementation with an average value of 91.7% and the percentage of activity learners with a value 82.4% Keywords: Instrument Learning, Problem Based Learning, Vibrations and Waves
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011