Penulis / NIM
WISNO PAKAYA / 421413001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Wisno Pakaya. 2017. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Simulasi PhET Pada Materi Bunyi Kelas XI di SMA" (suatu penelitian di SMA Negeri 1 Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing 2 Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis simulasi PhET pada materi bunyi kelas XI di SMA yang valid, praktis, dan efektif di SMA Negeri 1 Gorontalo pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan penelitian 4-D dan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli, observasi, angket respon minat peserta didik, dan tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari: Perangkat pembelajaran berbasis simulasi PhET menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing telah memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validasi oleh pakar dengan kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak digunakan, validitas butir soal untuk penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.329 yaitu (0,772); dan 0.890. serta persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.36 % dan 95.45 %, peserta didik merasa senang dan tertarik serta dapat menumbuhkan motivasi minat belajar peserta didik selain itu peserta didik dapat lebih muda mempelajarai materi tentang bunyi.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Simulasi PhET, Inkuiri Terbimbing, 4-D Bunyi.
Download berkas