Penulis / NIM
REKAWATI LAGANI / 421413003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Rekawati Lagani. 2017. Pengaruh Pembelajaran IPA Berorientasi Kecakapan Berpikir dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi kecakapan berpikir dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung yang berorientasi kecakapan berpikir di kelas VIII di SMP Negeri 3 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan posttes only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi kecakapan berpikir dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung yang berorientasi kecakapan berpikir. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 13,9 sedangkan ttabel pada taraf nyata = 0,05 (dk = 42) adalah 1,681, yang berarti Ho ditolak atau H1 diterima.
Kata Kunci: STAD, Kecakapan Berpikir, Hasil Belajar
Download berkas