Penulis / NIM
FITRA DEWI BILA / 421413008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Fitra Dewi Bila, 2017. Deskripsi Miskonsepsi pada Mata Kuliah Fisika Dasar II terhadap Mahasiswa Pendidikan Fisika T.A 2016/2017 pada Konsep Pemantulan Cahaya.
Lokasi Penelitian Universitas Negeri Gorontalo, Jalan Jenderal Sudirman Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Fisika Prodi Pendidikan Fisika
Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa pendidikan fisika khususnya pada konsep materi pemantulan cahaya. Jumlah mahasiswa yang menjadi subjek penelitian sebanyak 17 mahasiswa kelas A semester 2 angkatan 2016 yang masih aktif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik berupa pilihan ganda dengan memakai alasan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mahasiswa pendidikan fisika kelas A, masih mengalami masalah dalam hal pemahaman konsep, dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi pada semua butir soal, dan miskonsepsi tertinggi terdapat pada butir soal nomor 10 pada konsep pembentukan bayangan pada cermin cekung. Adapun persentase rata-rata dari mahasiswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 49.41 %, untuk mahasiswa yang paham konsep berjumlah 25.89 %, sedangkan mahasiswa yang tidak paham konsep sebanyak 24.70 %.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Deskriptif Kualitatif, Tes Diagnostik, Pemantulan Cahaya
Download berkas