Penulis / NIM
HARTIN LAKUTU / 421413010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Hartin Lakutu. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Kecakapan Berpikir Siswa SMP Pada Materi Tekanan. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si dan Pembimbing II: Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen yang valid dan praktis, pada materi tekanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan model 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap definisi, tahap rancangan, tahap pengembang, dan tahap penyebaran. Dalam penelitian ini, data dari hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli, wawancara, dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis validitas dan analisis kepraktisan. Instrumen kecakapan berpikir yang telah dikembangkan diperoleh dari hasil validasi dengan sedikit revisi sehingga dapat digunakan disekolah. Hasil rata-rata yang diperoleh dari instrumen kecakapan berpikir dalam menggali informasi diperoleh rata-rata untuk tiga kali pertemuan yaitu 3.07 dengan kategori cukup baik, selanjutnya dalam mengolah informasi diperoleh rata-rata untuk tiga kali pertemuan yaitu 3.53 dengan kategori baik, dalam memecahkan masalah diperoleh rata-rata 3.46 dengan kategori cukup baik serta dalam membuat simpulan diperoleh rata-rata untuk tiga kali pertemuan yaitu 3.41 dengan kategori cukup baik.
Kata kunci : Pengembangan Instrumen, Kecakapan Berpikir
Download berkas