Penulis / NIM
FIRA PERTIWI F. ARSYAD / 421413013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Fira Pertiwi F. Arsyad. 2017. "Pengembangan Media Belajar Komik IPA Untuk Penguatan Karakter Anak di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2 Nova Elysia Ntobuo, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas media komik dalam pembelajaran IPA untuk penguatan karakter anak di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada desain model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini untuk pengumpulan data menggunakan validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media belajar komik IPA yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Hal ini berdasarkan; 1) hasil validasi oleh para ahli bahwa media belajar komik IPA telah memenuhi syarat kevalidan dengan kriteria valid dan dapat digunakan; 2) persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 94,86% dan respon positif dari guru dan peserta didik tentang media belajar komik IPA yang dikembangkan praktis untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran; 3) keefektifan proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan aktivitas peserta didik sebesar 92,97%, dan rata-rata hasil belajar pengetahuan secara klasikal mencapai 76%, rata-rata penilaian kompetensi sikap mencapai 85,71% dan keterampilan secara klasikal mencapai 89,97%.
Kata Kunci: Media belajar, komik, IPA
Download berkas