Penulis / NIM
YULAN BANTAHARI / 421413015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Yulan Bantahari. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga Biru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah siswa kelas VIII semester Genap yang terbagi dalam lima kelas dan masing - masing kelas terdiri dari 30 dan 28 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII4 sebagai kelas kontrol. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest - posttest control group design. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model Learning Cycle 5E dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa tes uraian. Tes yang diberikan kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Tekhnik analisis data dalam penelitian menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung sebesar 8,277 kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh ttabel 2,00. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci : Model Learning Cycle 5E, Hasil Belajar.
Download berkas