Penulis / NIM
FATRAWATY DONGIO / 421413016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana kesulitan-kesulian yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi fluida statis kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabila yang diukur melalui indikator kesulitan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabila dan sumber pendukung lain seperti hasil observasi, tes dan wawancara yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata persentase capaian kemampuan siswa kelas XI Madarasah Aliyah Muhammadiyah Kabila pada materi fluida statis menurut indikator kesulitan belajar yaitu pada indikator belajar fakta sebesar 71.33%, indikator belajar konsep sebesar 72.66%, indikator belajar prinsip sebesar 82.33% dan indikator belajar operasi sebesar 69.56%. Dari rata-rata persentase capaian kemampuan siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabila pada materi fluida statis menurut indikator kesulitan belajar siswa terlihat bahwa pada umumnya siswa sering mengalami kesulitan pada indikator belajar operasi yang hasil capaian siswa hanya mencapai 69.56% yang berarti kemampuan siswa pada indikator belajar operasi tidak maksimal karena belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75.
Kata kunci: Kesulitan belajar siswa
Download berkas