Penulis / NIM
RINALDI SUMA / 421413017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Rinaldi Suma. 2017. Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar II Materi Listrik Magnet. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II oleh Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil keterampilan proses mahasiswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle dan model pembelajaran konvensional terhadap mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar II materi Listrik Magnet. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan rancangan Nonequivalent Control Group Desain. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan proses dasar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar II antara kelas eksperimen yang menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Dimana keterampilan proses dasar mahasiswa yang menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle lebih tinggi dari keterampilan proses dasar mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan = 85,54 > = 77,5. Sehingga pada pengujian hipotesis harga thitung = 1,979 > ttabel = 1,684. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesisnya yaitu "terdapat perbedaan keterampilan proses dasar, antara kelas yang menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional" terpenuhi. Dengan demikian materi fisika II di jurusan kimia lebih cocok menggunakan integrasi model pembelajaran inkuiri dengan learning cycle.
Kata Kunci : Model pembelajaran inquiry, learning cycle, keterampilan proses
Download berkas