Penulis / NIM
EKA FITRIYANI BABUTA / 421413019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRACT
Eka Fitriyani Babuta. 2016. "Learning Development Instrument Based Guided Inquiry On Concept Light Reflection in Class X SMA" (a research in SMA Negeri 1 Dungalio). Skripsi, Department of Education S1 Physics, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo, Advisor 1 Prof. Dr. Joseph H. Paramata, M.Pd and Advisor 2 Supartin, S.Pd, M.Pd
The purpose of learning development instrument research is to produce learning instrument guided inquiry on the concept of light reflection, practical and effective in SMP Negeri 1 Gorontalo of the school year 2015/2016. This research is the kind of research and development using 4-D model. The data collection employs validation by experts, observation, interview and test. From the analysis result of this study showed the criteria that have been developed valid, practical and effective. It can be seen from; 1) learning instrument based problem based learning has qualified validity obtained from the validation by experts with criteria valid and has been used, the validity of the items for competency assessment of knowledge, attitude and performance assessment ratings in a row with a value rcount > 0361 as well as reliability for competency assessment of knowledge, attitude and performance assessment ratings in a row with a value of rcount > 0361 2) Practicality, obtained from positive response from teachers and learners, student t responses indicate that students excited and interested in learning using problem based learning; 3) effective, obtained from percentage of learning implementation with an average value of 96.2% and the percentage of activity learners with a value 93.06%
Key Words: Instrument Learning, KIT Optic, Light Reflection
ABSTRAK
Eka Fitriyani Babuta. 2016. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kit Optik pada Materi Pemantulan Cahaya Kelas X di SMA" (suatu penelitian di SMA Negeri 1 Dungalio). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing 2 Supartin, S.Pd, M.Pd
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembalajaran berbasis KIT Optik pada materi pemantulan cahaya yang valid, praktis dan efektif di SMA Negeri 1 Dungalio pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari; 1) Perangkat pembelajaran berbasis Kit Optik telah memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validasi oleh pakar dengan kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak digunakan, validitas butir soal untuk penilaian kompetensi pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.361 serta reliabilitas untuk penilaian kompetensi pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.361 2) Kepraktisan, diperoleh dari dan respon positif dari guru dan peserta didik, peserta didik merasa senang dan tertarik belajar menggunakan model pembelajaran berbasis KIT 3) Efektif, diperoleh dari persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 96.2% persentase aktivitas peserta didik dengan nilai 93.06%
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, KIT Optik, Pemantulan Cahaya
Download berkas