Penulis / NIM
SULASTRI KATILI / 421413021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Sulastri Katili, 2017. "Deskripsi Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sains Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD Berorientasi Kecakapan berpikir rasional Rasional". Program Studi S1 pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo
Penelitian ini berbentuk deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui gambaran tentang motivasi belajar siswa pada pembelajaran sains melalui model pembelajaran kooperatif STAD berorientasi kecakapan berpikir rasional. Penelitan ini di laksanakan di SMP Negeri 3 Gorontalo, Jl Pangeran hidayat No. 128, Liluwo, Kecamatan Kota timur, Kota gorontalo, Provinsi Gorontalo, Pada bulan April - Mei 2017, semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Self assessment dalam bentuk pernyataan. Dari deskripsi motivasi belajar siswa melalui 4 indikator di peroleh hasil, siswa yang termotivasi pada pembelajaran sains menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berorientasi kecakapan berpikir rasional sebesar 75,15 % dan siswa yang tidak termotivasi pada pembelajaran sains menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berorientasi kecakapan berpikir rasional sebesar 24,75 %.
Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Self Assessment
Download berkas