Penulis / NIM
SRI TRISNA NINGSI / 421413025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis KIT Mekanika pada materi usaha dan energi yang valid, praktis dan efektif di SMP N 1 Telaga Biru pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada desain model 4-D yang dikembangkan oleh Triagarajan, Semmel dan Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate).Pengumpulan datamenggunakan validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkanmemenuhi kriteria kualitas valid, praktis danefektif. Hal ini berdasarkan; 1) hasil validasi oleh para ahli bahwa perangkatpembelajaran berbais KIT mekanika telah memenuhi syarat kevalidan dengankriteria valid dan layak digunakan, 2) persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 93,17% dan respon positif dari guru dan peserta didiktentang perangkat pembelajaran yang dikembangkan mudah (praktis) untukdilaksanakan dalam proses pembelajaran; dan 3) keefektifan proses pembelajaranyang ditunjukkan dengan aktivitas peserta didik sebesar 83,52%, dan rata-ratahasil belajar pengetahuan secara klasikal mencapai 83,33%, sikap danketerampilan secara klasikal masing-masing mencapai100%.
Download berkas