Penulis / NIM
ADRIANTO HUNTUA / 421413026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Abstrak
ABSTRAK
Adrianto Huntua, 2017. Analisis miskonsepsi siswa pada materi fluida di kelas XI IPA SMA Negeri 1 pinolosian semester genap. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Pinolosian kelas XI IPA 1 terhadap konsep fluida, dengan menggunakan metode desktiptif dan pendekatan kuantitatif. Adapun tes yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada konsep fluida tersebut yakni menggunakan tes diagnostik pilihan ganda sebanyak 10 nomor soal dan wawancara terhadap 21 orang siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami miskonsepsi dalam pokok bahasan fluida, yakni dengan presentase sebesar 39 % siswa mengalami miskonsepsi dan siswa yang tidak tau konsep sebesar 27 %, kemudian siswa yang paham konsep sebesar 34 %. Miskonsepsi tertinggi yang dialami siswa terdapat pada sub pokok bahasan massa jenis zat cair, sedangkan miskonsepsi terendah yang dialami siswa terdapat pada konsep definisi fluida, penerapan hukum Pascal, dan persamaan kontinuitas.
Kata Kunci : Miskonsepsi, tes diagnostik.
Download berkas