Penulis / NIM
TRIMAN / 421413027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis KIT IPA pada materi bunyi di SMP menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan akan menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas yang didasarkan pada validitas, kepraktisan dan keefektifan. Validitas didasarkan oleh komentar para ahli. Kepraktisan didasarkan pada persentase keterlaksanaan pembelajaran dan respon guru dan peserta didik. Keefektifan perangkat pembelajaran didasarkan pada aktivitas peserta didik dan hasil belajar. Penelitian ini telah dilakukan uji coba di SMPN 1 Telaga Biru pada 26 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, wawancara, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid diperoleh dari hasil validasi ahli dengan revisi kecil. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh melalui persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata 93.23% serta wawancara guru dan peserta didik yang menghasilkan respon positif. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh melalui persentase dari aktivitas peserta didik dengan rata-rata 94.17% dengan kriteria sangat baik, dan hasil belajar peserta didik yang menunjukan kriteria baik, sedangkan hasil analisis validitas item dan reliabilitas untuk instrumen penilaian (kognitif, afektif dan psikomotor) menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (rtabel = 0.329) secara berturut-turut 0.864, 0.976, dan 0.582.
Download berkas