Penulis / NIM
WAHAB AMU / 421413028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Wahab Amu. Nim. 421 413 028. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Ryleac Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar II Topik Listrik Statis. Skripsi. Program Studi SI Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Oleh Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Oleh Dr. Tirtawati Abdjul, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa yang mengunakan model pembelajaran Ryleac dengan hasil belajar kognitif mahasiswa yang akan diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata kuliah Fisika Dasar II Topik Listrik Statis. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan, Kimia Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Quasy Experimental. Penelitian ini mengunakan desain penelitian dengan rancangan Nonequivalent Control Group Desain. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar II topik listrik statis antara kelas eksperimen yang mengunakan model pembelajaran Ryleac dan kelas kontrol yang mengunakan model pembelajaran konvesional. Dari Pengujian hipotesis dapat diperoleh nilai rata- rata hasil belajar kognitif mahasiswa pada kelas eksperimen (XI) sebesar = 79,1 dan rata-rata hasil belajar kognitif mahasiswa pada kelas kontrol = 64,35 Sehingga presentase hasil belajar kognitif mahasiswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan selisih sebesar 14,75 dari hasil ini di peroleh nilai thitung = 5,181 untuk = 0,05 diperoleh ttabel =1,684 sehingga dapat disimpulakan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang mengunakan model pembelajaran Ryleac dan kelas yang mengunakan model pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa.
Kata Kunci : Model Pembelajran Ryleac, Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa.
Download berkas