Penulis / NIM
SUCI DWI SAPUTRI MOKODOMPIT / 421413029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Suci Dwi Saputri Mokodompit. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Kecakapan Berpikir Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Tekanan Pada Siswa SMP. Skipsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi kecakapan berpikir dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang valid, praktis, dan efektif pada konsep tekanan pada zat cair. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan model pengembangan 4-D. model pengembangan ini terdiri dari bebrapa tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini, data dari hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli, wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis validitas konstuksi, analisis respon guru dan peserta didik, analisis keterlaksanaan pembelajaran dan analisis hasil observasi aktivitas peserta didik. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan berupa silabus, RPP, LKPD, bahan ajar, maupun instrumen penilaian kompetensi memiliki kriteria valid yang diperoleh dari hasil validasi dengan sedikit revisi sehingga dapat digunakan disekolah. Selain itu, hasil yang diperolah untuk uji validitas setiap instrumen penilaian kompetensi berupa butir soal, sikap, dan keterampilan menunjukkan bahwa keseluruhan butir instrumen memiliki kriteria valid dangan nilai rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0.433. Sedangkan untuk uji reliabilitas instrumen penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan dan instrumen kecakapan berpikir memenuhi kriteria reliabel dengan koefisien reliabilitas yaitu 0.955, 0.876, 0.754, dan 0.506. Hasil wawancara yang diperoleh dari guru dan peserta didik bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis karena guru dan peserta didik memberikan respon positif yaitu mudah diterapkan dikelas dan peserta didik lebih tertarik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dinyatakan efektif karena pembelajaran dapat mencapai indikator-indikator efektivitas pembelajaran.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, kecakapan berpikir, kooperatif tipe STAD
Download berkas