SKRIPSI

Penulis / NIM
SINTIA KAU / 421413034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK Sintia Kau, 2016. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT Optik Pada Materi Pembiasan Cahaya di SMA". Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Pd dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si. Penelitian pengembangan perangkat ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis KIT Optik pada materi pembiasan cahaya di SMA yang berkualitas. Kualitas perangkat pembelajaran ini dilihat dari tiga faktor yakni, validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Pengembangan perangkat ini menggunakan model pengembangan tipe 4-D yang terdiri atas empat tahap pengembangan yakni tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi yang diisi oleh dua orang validator dan lembar observasi pengamatan pelaksanaan pembelajaran serta tes hasil belajar. Adapun perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, bahan ajar dan tes hasil belajar yang diuji coba agar layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis KIT Optik pada materi pembiasan cahaya yang telah dikembangkan dan diuji coba sudah dikategorikan bisa/layak digunakan. Hal ini diperoleh sebagaimana hasil dari penilaian para ahli yang menyatakan bahwa perangkat dapat digunakan dengan revisi kecil. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba perangkat diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan sudah praktis dan efektif digunakan. Hal ini juga ditunjukkan oleh penilaian pengamat pada saat dilakukan kegiatan uji coba di sekolah. Hasil yang diperoleh yaitu rata-rata keterlaksanaan kegiatan pembelajaran berkisar antara 90-96,67 % dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk penilaian kompetensi sikap berkisar antara 85,71-89,29% dan penilaian keterampilan berkisar antara 80-86%. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, KIT Optik, Pembiasan Cahaya ABSTRACT Sintia Kau, 2016. "Based Learning Device Development KIT Optics to Content refraction of light in high school". Thesis Study Program of Physics, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. Supervisor I Drs. Asri Arbie, M.Pd and Advisor II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Sc. This device development research aims to obtain the quality device of KIT Optical-based learning device on the light refraction material in high school. This learning device quality can be seen from three factors; validity, effectiveness and practicallity. Type 4-D as the development model of this device development consists of 4 stages that includes defining, designing, developing, and dissemination. The data collection is done by using validation sheet filled by two people of validator, and observation sheet of observation of learning implementation. The developed device covers syllabus, lesson plans, LKPD, teaching materials, and achievement test that tested to be eligible to use. The result of conducted research showed that KIT Optical-based learning device on the light refraction material that has been developed and tested is eligible to use. It is obtained as the research result of experts that claim that the device could be used in minor revision. In addition, the device test result showed that the developed device can be used effectively. It is also shown by the observer assessment during the experimental activity in the school. The obtained result showed that the average of learning activities implementation ranged from 90 to 96.67% with excellent criteria. While attitude competency assessment ranged from 85.7 to 89.3% and skills assessment ranged between 80-86%. Keywords: Learning Devices Development, KIT Optics, Refraction Light
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011