Penulis / NIM
SUSY SINTIA OLII / 421413039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Abstrak
ABSTRAK
Susy Sintia Olii. 2017. Efektivitas Pembelajaran Fluida Statis Menggunakan Metode Guided Discoverydi SMA Negeri 2 Gorontalo. Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui gambaran pembelajaran fisika menggunakan metode Guided Discovery dan efektivitas pembelajaran fluida statis menggunakan metode Guided Discoverydi SMA Negeri 2 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis rancangan Pre-Experimental Design bentuk One-Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan subjek penelitian kelas XI IPA 2 yang berjumlah 30 orang peserta didik. Data hasil menunjukkan bahwa presentase keterlaksanaan guru dalam pembelajaran pertemuan pertama sebesar 90,9% pertemuan kedua sebesar 95,5% dan pertemuan ketiga sebesar 95,5%, dengan rata-rata sebesar 94% dengan kriteria sangat efektif, presentase aktivitas peserta didik pertemuan pertama sebesar 83,75% pertemuan kedua sebesar 85,10% dan pertemuan ketiga sebesar 86,11%, dengan rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat efektif,sedangkan nilai hasil belajar peserta didik diketahui rata-rata 82 dengan presentase sebesar 80%.Berdasarkan hasil tersebut maka pembelajaran fluida statis menggunakan metode Guided Discovery dikatakan efektif dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik diatas 75%.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Fisika, Metode Guided Discovery
Download berkas