Penulis / NIM
I KADEK UMA BAYU SANTIKA / 421413040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
I Kadek Uma Bayu Santika. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Jire Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar II Prodi Pendidikan Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas pengaruh hasil belajar mahasiswa yang menerapkan model pembelajaran kolaboratif jire dengan model pembelajaran kolaboratif jigsaw pada materi elektrostatis, dilaksanakan pada bulan april hingga mei 2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode True Experimental Design dengan rancangan Pretest and Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester dua Tahun Akademik 2016-2017. Sampel penelitian adalah mahasiswa kelas A dan kelas C pendidikan matematika dengan teknik Cluster Random Sampling. Rerata pretest pada kelas eksperimen adalah 31,833 sedangkan pada kelas kontrol 39,750. Setelah dilakukan proses pembelajaran menerapkan model pembelajaran kolaboratif jire pada kelas eksperimen diperoleh rerata posttest 86,458 sedangkan pada kelas kontrol 76,583. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,795 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,6 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan/pengaruh positif hasil belajar mahasiswa yang menerapkan model pembelajaran kolaboratif jire pada materi elektrostatis.
Kata kunci : Model Kolaboratif Jire, Hasil Belajar.
Download berkas