Penulis / NIM
LA ODE FIKI IFANTRI / 421413042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
La Ode Fiki Ifantri, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia FllashPada Mata Pelajaran Fisika di Kelas VIII/BSMP N 11 Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I: Prof. Dr Enos Tarug S.Pddan Pembimbing II: Abdul Wahidin Nuai S.Pd, M.SiProgram Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di kelas VIII/BSMP N 11 Gorontalo dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis IT. Hasil Penelitian dapat dilihat pada pertemuan 1 : Jumlah siswa 30 orang, hasil belajarsiswa pada data awal berdasarkan sampel dalam penelitian ini menunjukan perolehan dengan ketegori B (75-84) sebanyak 23 orang siswa dengan persentase 76,67%, sedangkan 7 orang siswa dengan kategori Cdengan persentase 23,33%. Dilihat dari perolehan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama, nilai siswa yang tuntas dapat dikatakan hanya mencapai standar kritria ketuntasan minimal dan nilai terbaik 83 dengan kategori baik. Hal ini belum ada siswa yang mencapai nilai istimewa 85, sedangkan untuk tingkat nilai paling rendah berada pada angka 62. Pertemuan 2 : Jumlah siswa 30 orang, hasil belajar siswa pada pertemuan keduamenunjukan perolehan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26 orang dengan persentase 86,67%dengan memperoleh nilai 75, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase 13,33% dengan nilai < 75.Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan macromedia flash hasil belajar siswa khususnya siswa kelas VIII/B SMP N 11 Gorontalo dapat meningkat.
Kata kunci :Hasil Belajar, Macromedia Flash
Download berkas