Penulis / NIM
NUR RAHMATIA ABDUL / 421413044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Abstrak
ABSTRAK
Nur Rahmatia Abdul. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing IIDr.Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materiHukum Newton melalui penerapan media pembelajaran berbasis ICT di Kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA1yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan, objek penelitian yaitu media pembelajaran berbasis ICT yang digunakan di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, berlangsung dalam dua siklus yang mengacu pada empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi.Instrumen yang digunakan yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hanya 62,5% siswa yang mencapai KKM(70).Persentase ini belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan (85%), sehingga perlu dilanjutkan kesiklus berikutnya. Pada siklus II siswa yang telah mencapaiKKM(70) yaitu 87,5%. Hasil capaian pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan (85%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika khususnya materi Hukum Newton.
Kata kunci: Media Berbasis ICT,Hasil Belajar, Hukum Newton
Download berkas