Penulis / NIM
MUHAMMAD YUSUF GUNIBALA / 421413047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Abstrak
Muhammad Gunibala. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing ( I ) Prof. Dr. Mursalin, M.Si ( II ) Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif numbered head together pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali pertemuan pada tanggal 5, 8, 9, 12, 15, dan 16 Juni 2017 yang berlokasi di SMP Negeri 5 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Gorontalo yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila hasil belajar dengan KKM 80 mencapai persentase ketuntasan belajar inividual dan klasikal, serta nilai rata-rata 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,47% dengan persentase ketuntasan klasikal 25% meningkat menjadi 86,52% pada siklus II dengan persentase ketuntasan 90%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, NHT
Download berkas