SKRIPSI

Penulis / NIM
FRANGKY J. JAKARIA / 421413050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK FRANGKY J JAKARIA. 2017. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PHET Pada Materi Teori Kinetik Gas berorientasi Keterampilan proses sains siswa" suatu penelitian di SMA Negeri Limboto Barat. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Mursalin. M.Si dan Pembimbing 2 Tirtawaty Abdjul. S.Pd. M.Pd. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembalajaran Pembelajaran Berbasis PHET Pada Materi Teori Kinetik Gas berorientasi Keterampilan proses sains siswa yang valid, praktis dan efektif di SMA Negeri 1 Limboto Barat pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Pengumpulan data menggunakan validasi ahli, Angket Minat Siswa dan tes dalam hal ini tes keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari; 1) Perangkat pembelajaran berbasis PHET Pada Materi Teori Kinetik Gas berorientasi keterampilan proses sains siswa memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validasi oleh pakar dengan kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak digunakan, validitas butir soal untuk penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.432 serta reliabilitas untuk penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.432. 2.) Kepraktisan, diperoleh dari presentase keterlaksaan pembelajaran rata-rata sebesar 95.45% dan sebagai data pendukung yaitu angket minat siswa terhadap pembelajaran mempunyai respon positip terhadap pembelajaran berbasis Phet. 3) Efektif, diperoleh dari persentase aktivitas peserta didik dengan nilai rata-rata 87.5% dan persentase tes keterampilan proses sains siswa dasar rata-rata sebesar 78.5%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, PHET, Keterampilan Proses Sains Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011