Penulis / NIM
FRANGKY J. JAKARIA / 421413050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
FRANGKY J JAKARIA. 2017. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis
PHET Pada Materi Teori Kinetik Gas berorientasi Keterampilan proses sains siswa"
suatu penelitian di SMA Negeri Limboto Barat. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan
Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Mursalin. M.Si dan Pembimbing 2
Tirtawaty Abdjul. S.Pd. M.Pd. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran bertujuan untuk menghasilkan
perangkat pembalajaran Pembelajaran Berbasis PHET Pada Materi Teori Kinetik
Gas berorientasi Keterampilan proses sains siswa yang valid, praktis dan efektif di
SMA Negeri 1 Limboto Barat pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan
menggunakan model pengembangan 4-D. Pengumpulan data menggunakan validasi
ahli, Angket Minat Siswa dan tes dalam hal ini tes keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan
memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari; 1) Perangkat
pembelajaran berbasis PHET Pada Materi Teori Kinetik Gas berorientasi
keterampilan proses sains siswa memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari
validasi oleh pakar dengan kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak
digunakan, validitas butir soal untuk penilaian kompetensi pengetahuan, dan
penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai rhitung > 0.432 serta reliabilitas
untuk penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut
dengan nilai rhitung > 0.432. 2.) Kepraktisan, diperoleh dari presentase keterlaksaan
pembelajaran rata-rata sebesar 95.45% dan sebagai data pendukung yaitu angket
minat siswa terhadap pembelajaran mempunyai respon positip terhadap pembelajaran
berbasis Phet. 3) Efektif, diperoleh dari persentase aktivitas peserta didik dengan nilai
rata-rata 87.5% dan persentase tes keterampilan proses sains siswa dasar rata-rata
sebesar 78.5%. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, PHET, Keterampilan Proses Sains Siswa
Download berkas