Penulis / NIM
ALKIP DUDUN KANASI / 421413052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran Fisika SMP yang valid, praktis, dan efektif berbasis KIT IPA pada Materi Tata Surya di SMP Negeri 1 Telaga Biru pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: silabus, RPP, LKPD, bahan ajar dan instrumen penilaian. Berdasarkan validasi oleh para ahli perangkat yang dikembangkan memiliki kategori baik dengan revisi kecil.Instrumen penilaian kognitif, sikap dan keterampilan berada pada kriteria valid karena nilai rhitung semua butir soal atau indikator telah melebihi rtabel (0,37) dan memenuhi kriteria reliabilitas cukup. Aspek kepraktisan, ditunjukkan dari pengamatan keterlaksanaan pembelajaran serta respon peserta didik dan guru yang diperoleh melalui wawancara. Hasil pengamatan keterlaksanaan dan wawancara terhadap guru dan peserta didik berkriteria praktis, karena perangkat pembelajaran mudah digunakan oleh guru dan baik digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Aspek keefektifan, ditunjukkan dari hasil persentase aktivitas peserta didik selama 2 kali pertemuan dan hasil belajar pada kompetensi kognitif, sikap dan keterampilan. Persentase aktivitas peserta didik 86 %, persentase kompetensi kognitif 71,4%, persentase kompetensi sikap 85.77%, dan persentase keterampilan 85.4%. Dari data tersebut dapat dikategorikan perangkat pembelajaran yang digunakan efektif karena tiap persentase 70%.
Download berkas