SKRIPSI

Penulis / NIM
REGINA FRESTY KARIM / 421413056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK Regina Fresty Karim. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Pada Materi Elektrostatis Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif JiRe. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II oleh Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran kolaboratif JiRe. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan 2 siklus karena ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I masih dianggap rendah karena ketuntasan klasikal hanya 82.6%. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar mahasiswa, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, dan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data, ketuntasan klasikal dari siklus I dan II mengalami peningkatan dari 82.6% menjadi 91.3%, dengan jumlah mahasiswa tuntas pada siklus I berjumlah 19 orang dan meningkat menjadi 22 orang pada siklus II. Berdasarkan analisis data tersebut, tindakan pada siklus II dinyatakan memenuhi indikator keberhasilan sehingga tidak perlu melanjutkan ke siklus berikutnya. Demikian pula dengan aspek-aspek pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan aktivitas mahasiswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, diantaranya keterlaksanaan proses pembelajaran meningkat dari 95% menjadi 100% pada kriteria sangat baik, aktivitas mahasiswa pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I pada kriteria sangat baik dari 35.5% menjadi 52.2%, dengan persentase rata-rata kriteria baik dan sangat baik pada siklus II sebesar 96.8%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif JiRe dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan Fisika. Kata Kunci : kolaboratif JiRe, hasil belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011