Penulis / NIM
UYAN H. GAGU / 421413057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Uyan H Gagu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata M.Pd dan Pembimbing II Citron S Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif di kelas XI-IPA di SMA Negeri 2 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan posttes only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan terpilih kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 7 butir soal dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif . Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 4,755 sedangkan ttabel pada taraf nyata = 0,05 (dk = 56) adalah 1.695 yang berarti Ho ditolak atau H1 diterima. Demikian pula hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan perolehan rata-rata hasil belajar siswa yakni = 53,62 > 44,76.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiry), Kooperatif, Hasil Belajar
Download berkas