Penulis / NIM
NURLAILA KASIM / 421413058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Nurlaila Kasim. 2017. Pengaruh Pendekatan Konflik Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Supartin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada kelas yang menggunakan pendekatan konflik kognitif dan hasil belajar fisika pada kelas yang menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Limboto pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penilitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan postest control group desain. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Cooperatife Learning melalui pendekatan konflik kognitif dan siswa kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Cooperatife Learning melalui pendekatan Saintifik. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa soal-soal uraian. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf , thitung = 6,17 ttabel = 1,68 sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa SMP yang menggunakan model Cooperatife Learning melalui pendekatan konflik kognitif dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperatife Learning melalui pendekatan Saintifik.
Kata kunci : Pendekatan konflik kognitif, Hasil Belajar
Download berkas