Penulis / NIM
LELA TALANGO / 421413059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Abstrak
Lela Talango. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Newton. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning dengan hasil belajar belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penilitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan postest control group desain. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas X IPA4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis project based learning dan siswa kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa soal-soal uraian. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikan=0.05, sehingga diperoleh hasil t_hitung= 2,997 > t_tabel = 1.6723, dimana hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning
Kata kunci : Project based learning, Hasil Belajar
Download berkas