Penulis / NIM
NURELEN K. ABAS / 421413061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Nurelen K. Abas, 2017. Efektivitas Pembelajaran Fluida Statis Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dan efektivitas pembelajaran fluida statis menggunakan metode inkuiri terbimbing di SMA Negeri 2 Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan sebanyak 3x pertemuan dan tes diberikan diakhir pertemuan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan kegiatan guru dalam pembelajaran untuk pertemuan pertama sebesar 86,3%, pertemuan kedua sebesar 95,5% dan pertemuan ketiga sebesar 95,5%, persentase aktivitas peserta didik untuk pertemuan pertama sebesar 82,6% , pertemuan kedua sebesar 82,7% dan pertemuan ketiga sebesar 83,8%. Tes hasil belajar peserta didik dengan metode inkuiri terbimbing menunjukkan 83,3% peserta didik memenuhi KKM dan 16,6% peserta didik yang tidak memenuhi KKM. Hal ini diperkuat dengan analisis ketuntasan belajar One Sample t-test di peroleh ''-''ng > 'tabel (3.829 > 1.699). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam membelajarkan materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo
Kata kunci:Efektivitas, PembelajaranFisika, InkuiriTerbimbing, FluidaStatis
Download berkas