Penulis / NIM
MUHAMMAD ILHAM S. DALANGGO / 421413063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Muhammad Ilham Dalanggo, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif JiRe pada perkuliahan Fisika Dasar II di Program Studi Pendidikan Kimia materi Elektrostatis (suatu penelitian tindakan kelas pada mahasiswa semester II Jurusan Kimia Universitas Negeri Gorontalo tahun Akademik 2016/2017). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II oleh Nova Elsya Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan model pembelajaran Kolaboratif Jire. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Taggart, dilaksanakan sebanyak 1 siklus dengan 5 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Kelas Pendidikan Kimia B yang mengambil mata Fisika Dasar II pada tahun akademik 2016/2017. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif dengan analisis presentasi. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus 1, dari 20 mahasiswa yang mencapai nilai 75 ke atas yaitu 85%, aktivitas mahasiswa 91% mendapat kriteria baik dan sangat baik dan keterlaksanaan pembelajaran 93.4% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa indikator keberhasilan pada siklus ini telah tercapai maka penelitian diakhiri pada siklus I, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif Jire dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kata kunci : Kolaboratif Jire, Hasil belajar.
Download berkas