SKRIPSI

Penulis / NIM
CLAUDIA ALVIANA A / 421413064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRACT Claudia Alviana. A. 2016. "Device Development Kit-Based Learning Material On IPA Temperature and Heat in Class VII SMP Negeri 1 Telaga Biru". Skripsi, Department of Education S1 Physics, Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo, Supervisor 1 Prof. Dr. Joseph H. Paramata, M.Pd and Supervisor 2 Supartin, M.Pd. This research aims to produce a learning device Kit-based learning material on IPA Temperature and Heat in class VII SMP. Practical and effective in SMP Negeri 1 Telaga Biru of the school year 2016/2017. This research is the kind of research and development using 4-D model. The data collection employs validation by experts, observation, test and interview. From the analysis result of this study showed the criteria that have been developed valid, practical and effective. It can be seen from the results of testing learning devices, namely: (1) Based on the results of the validity criteria is valid because rhitung all the instruments with a value of 0.541 has exceeded the value of rtabel i.e. 0.381 this value corresponds to the total number of respondents as many as 27 people and reliability with the results of the reliability criteria are for penialaian of competency knowledge instruments with a value of 0.405, reliability assessment instruments for attitude with value and reliability for 0.485 instrument assessment skills with the value 0.718; (2) Learning device expressed in practical terms was obtained from positive response both teachers as well as learners and learning keterlaksanaan with the average percentage for keterlaksanaan learning value of 96.2% are included in the criteria of good; (3) Percentage of ketuntasan competence of the knowledge reach 60% of all students who take the test evaluation of learning. For a percentage of the competence of penialaian attitude that averaged from three times is this percentage value 83.7% is in range of the criteria of good and the last one is of competence assessment competency skills with a percentage of the average of the three sessions was 78% with Good criteria Keywords: Learning Devices, IPA, Model KIT 4-D ABSTRAK Claudia Alviana. A. 2016. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kit Ipa Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas VII Di SMP Negeri 1 Telaga Biru". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Prof. Dr. Hj. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing 2 Supartin, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangat pembelajaran berbasis KIT IPA pada materi suhu dan kalor pada kelas VII di SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga Biru pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D. Pengumpulan data menggunakan validitas ahli, observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria validitas, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji coba perangkat pembelajaran yaitu: (1) Berdasarkan hasil validitas memenuhi kriteria valid karena rhitung semua butir instrumen dengan nilai 0,541 telah melebihi nilai rtabel yaitu 0,381 nilai ini sesuai dengan jumlah responden sebanyak 27 orang dan reliabel dengan hasil kriteria reliabilitas sedang untuk instrumen penialaian kompetensi pengetahuan dengan nilai 0,405, reliabilitas sedang untuk instrumen penilaian sikap dengan nilai 0,485 serta reliabilitas sedang untuk instrumen penilaian keterampilan dengan nilai 0,718; (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis hal ini diperoleh dari respon positif baik guru maupun peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase rata-rata untuk keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai 96,2% termasuk dalam kriteria sangat baik; (3) Presentase ketuntasan kompetensi pengetahuan mencapai 60% dari keseluruhan peserta didik yang mengikuti tes evaluasi pembelajaran. Untuk presentase kompetensi penialaian sikap yang dirata-ratakan dari tiga kali pertemuan adalah 83,7% nilai presentase ini berada dalam rentang kriteria Baik dan yang terakhir adalah kompetensi penilaian kompetensi keterampilan dengan presentase rata-rata dari tiga kali pertemuan adalah 78% dengan kriteria Baik. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, KIT IPA, Model 4-D
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011