Penulis / NIM
MARYAM SULEMAN / 421413065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Suleman, 2016."Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT IPA Pada Materi Listrik Dinamis di SMP". Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II: Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis KIT IPA pada materi listrik dinamis di SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini telah dilakukan uji coba di SMPN 1 Telaga Biru pada 25 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes. Efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh jika perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data, perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid diperoleh dari hasil validasi ahli. Hasil analisis validitas item dan reliabilitas untuk instrumen penilaian (THB, keterampilan dan sikap) menunjukkan bahwa rhitung>rtabel. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh melalui wawancara guru dan peserta didik yang memberikan respon positif, dan melalui pengamatan proses pembelajaran. Rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yaitu 93,3% dengan kriteria sangat baik. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh melalui aktivitas peserta didik dan ketuntasan belajar secara klasikal. Rata-rata hasil pengamatan aktivitas peserta didik yaitu 85,28% dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 76% yang menunjukkan kriteria baik. Dengan demikian, perangkat pembelajaran berbasis KIT IPA telah memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, KIT IPA, Listrik Dinamis
ABSTRACT
Maryam Suleman, 2016. "Development of learning device based on KIT IPA on the material of dynamic electricity in Junior High School". Essay, Physics Education Study Program, Physics Departmet, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Gorontalo State University. Adviser I : Drs. Asri Arbie, M.Si and Adviser II: Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd
This research is to describe the quality of learning equipment based on KIT IPA that have been developed on the material of dynamic electricity in junior high school..The quality of the learning device consist of validity, practically, and effectiveness. This research is a development that uses 4-D model of development that consists of four stages is define, design, develop, and disseminate. This research has been conducted trials in SMPN 1 Telaga Biru. The research instrument used are expert validation sheets, observation sheets, interview guides, and test. Based on the results of data analysis, the learning device have fulfill the valid criteria obtained from the results of expert validation. The practicality of the learning equipment obtained thru teacher and students interview who give positive responses, and thru learning process observation. The average observation learning feasibility is 93.3% with very good criteria. So that the learning device can be said practical. The effectivity of the learning device obtained thru the students activity and classical mastery learning. The average observation students activity is 82.58% with very good criteria and complete learn student in classical is 76%. So the learning device developed can be said effective. Therefore, the learning device based on KIT IPA on the material of dynamic elecricity in junior high school have valid, practical and effective.
Keywords: Learning Device, KIT IPA, Dynamic Electricity
Download berkas