SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR RAHMIYANTI W. HADJINGO / 421413067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Nur Rahmiyanti W.Hadjingo. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT Hidrostatik dan Panas Pada Materi Fluida Dinamis di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Pd. Telah dilakukan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analisys), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis KIT Hidrostatik dan Panas yang valid, praktis dan efektif pada konsep fluida dinamis. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berada di SMA N 1 Biluhu yang berjumlah 18 orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan perangkat yang telah dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukan melalui analisis validitas yang di dasarkan pada komentar validator yang menyatakan perangkat yang telah dikembangkan valid untuk digunakan, serta uji validitas dan reliabilitas memenuhi kriteria valid menunjukan rhitung lebih besar dari 0.468 serta hasil reliabilitas pengetahuan, sikap dan kinerja yang hasilnya berturut-turut sebesar 0.707, 0.554, dan 0.630 dengan kriteria reliabel. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan juga ditunjukan dengan respon guru dan peserta didik serta keterlaksanaan proses pembelajaran yang rata-rata persentasenya dalam dua kali pertemuan sebesar 95.45% dengan criteria sangat baik. Sedangkan untuk efektifnya perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukan dengan hasil aktivitas peserta didik yang rata-rata persentasenya dalam dua kali pertemuan sebesar 85.54% memenuhi kriteria sangat baik. Untuk rata-rata hasil belajar kompetensi pengetahuan peserta didik mencapai 77.78%. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, KIT Hidrostatik dan Panas, fluida dinamis
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011