Penulis / NIM
MOH. JUNAIDI / 421413071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Moh. Junaidi, 2020 ..."Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya di SMP. Program studi pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Mursalin, M.Si dan Dr. Tirtawaty Abdul, S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing II.
Penelitian bertujuan dalam melihat bagaimana apakah penerapan model pembelajaran Direct Instruction berbasis Mobile Learninrg dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya di sekolah SMP Negeri 1 Botupingge Kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis pretest dan posttes yang terdiri dari 12 nomor soal untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Direct Insrtuction berbasis Mobile Learning. Uji normalitas data yang di hasilkan dari pretest menggunakan uji Chi-Kuadrat Lhitung < Ltabel, kemudian dengan mengggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dihasilkan 0.035 kemudian untuk hasil nilai posttes Lhitung < Ltabel, dan 0.457. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII. Setelah selesai menganalisis hipotesis data yng didapatkan dari pretest dan posttes berdasarkan output ..."test statistic diketahui Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.00. nilai yang didapatkan 0.00 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan meggunakan penerapan Direct Instruction berbasis mobile Learning dalam pembelajaran fisika pada materi kalor dan perpindahannya.
Kata Kunci : Direct Instruction, Mobile Learning, Hasil Belajar.
Download berkas