SKRIPSI

Penulis / NIM
SUKMAWATI A. SINA / 421413075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRACT Sukmawati A.Sina, 2016. "Developing Learning Devices Based on Loan Boxes of Electric Magnet Using Problem Solving Model in Magnetic Field". Thesis. Physics Education Study Program, Physics Department, Mathematics and Natural Sciences Department, State University of Gorontalo. Supervisor I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd and Supervisor II Nova Elysia, S.Pd, M.Pd. The aims of this research are to describe a learning devices that are validity, practic and effective based on loan boxes of electric magnet using problem solving model in magnetic field. The method of this research is developmental research with 4-D developmental model. The procedure are Define, Design, Develop, and Disseminate. The collection of data used were obtained through expert validation, observation, interviews and tests. The data analysis using analysis of validation results, analysis of data from interviews of teachers and students as well as analysis of data validity and reliability of the instrument competency assessment using the formula product moment correlation and Cronbach alpha. The analysis result of the continuation test show all the learning devices are validity, practic and effective. The validity showed by the result of validation that show the learning devices is valid "can be used with small revition". The practic showed by the results of each meeting realization learning percentage is above 89% with the average percentages for the three meetings was 94.73%, which has a very good criteria and as well as the responses of teachers and learners that learning device developed easy (practically) to do and better used to help the learning process. The effective showed by the average percentage of all students to the three meetings was 83.6% had both criteria. Keywords: development of learning devices, problem solving, and loan boxes of electric magnet. ABSTRAK Sukmawati A.Sina, 2016. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT Listrik Magnet Menggunakan Model Problem Solving pada Materi Medan Magnetik". Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Nova Elysia, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang memiliki 3 aspek yaitu validitas, praktis dan efektif berbasis KIT Listrik Magnet menggunakan model Problem Solving pada materi medan magnetik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan 4-D. Prosedur penelitian ini terdiri dari pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Pengumpulan data yang digunakan diperoleh melalui validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis data hasil validasi, analisis data hasil wawancara guru dan peserta didik serta analisis data validitas dan reliabilitas terhadap instrumen penilaian kompetensi menggunakan rumus korelasi product moment dan alpha cronbach. Hasil analisis pada uji coba lanjutan menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Aspek validitas (valid) ditunjukkan berdasarkan hasil validasi ahli yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid "dapat digunakan dengan revisi kecil". Aspek kepraktisan ditunjukkan dari hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran tiap pertemuan berada di atas 89 % dengan rata-rata persentase untuk tiga kali pertemuan adalah 94,73 % yang memiliki kriteria sangat baik, serta respon guru dan peserta didik yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran mudah (praktis) digunakan. Sedangkan aspek keefektifan ditunjukkan dari persentase aktivitas setiap peserta didik berada di atas 80 % dengan rata-rata persentase keseluruhan peserta didik untuk tiga kali pertemuan adalah 83,6 % yang memiliki kriteria baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada kompetensi pengetahuan yaitu 76,67%, hal ini dapat dikategorikan perangkat pembelajaran yang digunakan efektif karena berada mencapai â� 75% dari keseluruhan peserta didik yang ada. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, KIT Listrik Magnet, Problem Solving
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011