Penulis / NIM
SURIYANI ALI KIYAI / 421413076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Suriyani Ali Kiyai 2017 "Pengembangan pembelajaran berbasis PHeT pada materi Gelombang untuk nmeningkatkan hasil belajar siswa ". Skripsi Program studi pendidikan fisika, jurusan fisika, fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Mursalin, M.Si (2) Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Simulasi PHeT pada materi Gelombang yang valid, praktis dan efektif di SMK Gotong Royong Telaga pada tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (reseacch and development) dengan menggunakakn model pengembangan 4-D. pengumpulan data dengan menggunakan validitas ahli, obsservasi, dan kosyuner, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa perangkat yang telah dikembangkan memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari; 1) perangkat pembelajaran berbasis simulasi PHET telah memenuhi syarat kevalidan yang diperoleh dari validitas oleh pakar dengan Kriteria perangkat pembelajaran valid dan layak diigunakan, validitas butir soal unrtuk menilai kompotensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilain rhitung >rtabel (rtabel=0,497) yaitu 0.945: dan 0.718: 2) serta reabilitas untuk penilaian kopotensi pengetahuan, dan penilaian keterampilan berturut-turut dengan nilai 0.918 ; dan 0.993: 2) kepraktisan, diperoleh dari respon positif dari guru dan peserta didik, peserta didik merasa senang dan tertarik belajar menggunakan model pembelajaran berbasis phet 3) Efektif, diperoleh dari presentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan nilai rata-rata 93,3% presentase aktivitas peserta didik 95,25%.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Berbasis PheT, pada materi Gelombang
Download berkas