Penulis / NIM
NURFAJRIN LUMALAGA / 421413079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Nurfajrin Lumalaga, 2017. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sifat-Sifat Cahaya". Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang memiliki 3 aspek yaitu validitas, praktis dan efektif berbasis KIT Optik dengan menggunakan model inkuiri terebimbing pada materi medan sifat-sifat cahaya yang dilaksanakan di SMPN 1 Telaga Biru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ini terdiri dari langkah analisis (analysis), desain (design), pengembangan (developmant), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data yang digunakan diperoleh melalui validasi ahli, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis data hasil validasi, analisis data hasil wawancara guru dan peserta didik serta analisis data validitas dan reliabilitas terhadap instrumen penilaian kompetensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Aspek validitas (valid) ditunjukkan berdasarkan hasil validasi ahli yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid "dapat digunakan dengan revisi kecil". Aspek kepraktisan ditunjukkan dari hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran tiap pertemuan berada dengan rata-rata persentase untuk dua kali pertemuan adalah 92,5 % yang memiliki kriteria sangat baik, serta respon guru dan peserta didik yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran mudah (praktis) digunakan. Sedangkan aspek keefektifan ditunjukkan dari persentase aktivitas setiap peserta didik berada dengan rata-rata persentase keseluruhan peserta didik untuk dua kali pertemuan adalah 85,3 % yang memiliki criteria baik. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada kompetensi pengetahuan yaitu 76 %, hal ini dapat dikategorikan perangkat pembelajaran yang digunakan efektif, karena lebih besar dari 75%.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, KIT Optik, Inkuiri terbimbing
Download berkas