SKRIPSI

Penulis / NIM
AYUATIRAH IT. ALUY / 421413081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Ayuatirah IT Aluy. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis KIT Mekanika Pada Materi GLB dan GLBB di SMA.Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawaty Abdjul, M.Pd. Telah dilakukan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembngan 4-D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dissemenate) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis KIT Mekanika yang valid, praktis dan efektif pada konsep GLB dan GLBB. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XMIA2 yang berada di SMAN 1 Kabila yang berjumlah 30 orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan perangkat yang telah dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran, hal ini ditunjukan melalui analisis kevalidan yang diadasarkn pada komentar validator yang menyatakan perangkat yang telah dikembangkan valid untuk digunakan, serta uji validitas dan reliabilitas memenuhi kriteria valid menunjukan rhitung lebih besar dari 0,361 serta hasil reliabilitas pengetahuan sikap dan kinerja yang hasilnya berturut-turut sebesar 0.884, 0,769 dan 0,796 dan dengan memenuhi kriteria reliabilitas tinggi dan reliabilitas sedang. Kepraktisan perangkat yang telah dikembangkan juga ditunjukan oleh respon positif dari guru dan peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran yang rata-rata persentasenya dalam dua pertemuan sebesar 90,6 % dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk efektifitas perangkat ini ditunjukan dari hasil aktivitas peserta didik yang persentasenya sebesar 80,82 % memenuhi kriteria baik. Rata-rata hasil belajar kompetensi pengetahuan mencapai 73,3 % sedangkan untuk hasil belajar pada kompetensi sikap dan keterampilan selama dua kali pertemuan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100%. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, KIT Mekanika, GLB dan GLBB Ayuatirah IT. Aluy. 2016. Learning development based on mechanics KIT on GLB and GLBB material in hing school. Essay, physics study program, phisics major, natural science and mathematics faculty, gorontalo state university. First preceptor prof. Dr. H. Yoseph Paramata,M.Pd and second preceptor tirtawaty abdjul, M.Pd Have been doned development research using 4D development model which cunsirt of to steps, wich is define,design, develop dissemenate to produce learning equipment based on mechanics KIT that is valid, practical, and efective on GLB and GLBB concept. The test subject on this research are students in XMIA2 in the SMAN 1 Kabila with amounth of 30 students. This research resuit shows the equipment that is developed is valid, practical and efective to be used on the learning, this thing showed tdru analized, validation, based on validator komentator who said the equpment that developed is valid to be used, also validity test and reliability fulfil the valid kriteria shows rhitung bigger than 0,361 also the resuit of knowladge attitude and perfomeance which the following resuit are 0.884, 0,769 and 0,796 and with fulfill high reliability kriteria and edium reliability. Practicability of equpment that have been developed also ahowed by posif respon from teacher and studenst, mean while for the efecivity of this equipment showed from the resuit to materialize learning that the arerage percentage at 90,6 in two meetings with the criteria very well and the percentage of learners activity amomteu to 80,82 meet both. The average result of 73,3 where as knowladge learning comperence attitues and salls during two meetings gain of 100% clasical completeness. Keywords : learning tools, KIT mechanics, GLB and GLBB
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011