Penulis / NIM
SITI FATIMAWATI / 421413084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Siti Fatimawati. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie., M., Si dan Pembimbing II Nova Elisya Ntobuo., S. Pd., M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media komik dan hasil belajar peserta didik pada kelas control yang menggunakan Power Point (PPT). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest-post-tes control group sesain. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran komik dan kelas VC sebagai kelas kontrol menggunakan power point (PPT). Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa soal-soal essay. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikan () = 0,05, thitung = 5,229 > ttabel = 2,000. Sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Dimana hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media komik lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang menggunakan media power point (PPT).
Kata Kunci : Media Pembelajaran Komik, Hasil Belajar
Download berkas